Tautan-tautan Akses

Israel, Palestina Minta Perundingan Tak Langsung Dilanjutkan


Presiden Mesir Hosni Mubarak (kanan) menerima kunjungan utusan AS untuk Timur Tengah George Mitchell di Kairo, hari Minggu 3 Oktober 2010.
Presiden Mesir Hosni Mubarak (kanan) menerima kunjungan utusan AS untuk Timur Tengah George Mitchell di Kairo, hari Minggu 3 Oktober 2010.

Palestina mengatakan hanya bersedia melanjutkan perundingan langsung bila Israel menghentikan pembangunan permukiman di Tepi Barat.

Palestina menghendaki dilanjutkannya perundingan damai tidak langsung dengan Israel, tapi perundingan langsung hanya bisa dilanjutkan apabila Israel menghentikan semua pembangunan permukiman di kawasan pendudukan di Tepi Barat.

Ini dikatakan oleh utusan khusus Amerika urusan timur tengah George Mitchell hari Minggu di Kairo. Katanya, kedua pihak, Israel dan Palestina minta supaya perundingan tidak langsung dilanjutkan untuk menciptakan kondisi di mana perundingan damai langsung bisa diadakan lagi.

George Mitchell bertemu dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak dan akan terbang ke Yordania hari Minggu sore. Mitchell telah bertemu secara terpisah dengan Presiden Palestina, Mahmud Abbas dan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu hari Jumat.

Utusan AS itu berusaha mencari terobosan guna menyelesaikan masalah pembangunan permukiman yang menjadi isu penting yang menghambat perundingan itu.

XS
SM
MD
LG