Tautan-tautan Akses

Israel-Militan Palestina Saling Serang di Gaza


Seorang anggota militan Palestina yang terluka akibat serangan Israel di Jalur Gaza dilarikan ke rumah sakit al-Najar (29/10).

Seorang anggota militan Palestina yang terluka akibat serangan Israel di Jalur Gaza dilarikan ke rumah sakit al-Najar (29/10).

Israel dan militan Palestina berbasis di Gaza hari Minggu terus saling menyerang, menyusul serangkaian razia udara Israel terhadap militan-militan Palestina.

Upaya Mesir menengahi gencatan senjata antara kedua faksi sejauh ini gagal menghentikan peningkatan kekerasan. Beberapa roket ditembakkan ke Israel selatan Minggu pagi, sementara pesawat Israel menyerang lokasi-lokasi militan di Jalur Gaza semalaman.

Razia udara Israel atas berbagai sasaran Jihad Islamis di Gaza hari Sabtu menewaskan sembilan orang. Jihad Islamis mengatakan seorang komandan kelompok militan Palestina termasuk yang tewas. Tembakan roket balasan oleh militan Palestina menewaskan satu warga sipil Israel dan melukai sedikitnya dua lainnya.

Militer Israel mengatakan serangan udaranya hari Sabtu menghantam militan yang bertanggung jawab atas penembakkan roket ke Israel hari Rabu. Serangan roket itu tidak mengakibatkan korban.

Israel meminta campur tangan internasional untuk menghentikan serangan Palestina. Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman hari Sabtu mengatakan “Israel tidak mencari konfrontasi dengan Palestina dan tidak ingin memperburuk situasi, tetapi pihaknya tidak akan membiarkan setiap serangan tanpa tanggapan.”

PBB menghimbau agar semua pihak menahan diri. Utusan PBB untuk Timur Tengah Robert Serry mengatakan pentingnya upaya perdamaian agar ketegangan di wilayah ini menurun.

XS
SM
MD
LG