Tautan-tautan Akses

Israel, Hamas Sepakati Gencatan Senjata 12 jam di Gaza


Tentara Israel lari saat bentrok dengan demonstran Palestina di Jalur Gaza, Jumat (25/7).

Tentara Israel lari saat bentrok dengan demonstran Palestina di Jalur Gaza, Jumat (25/7).

Militer Israel dan kelompok militan Palestina, Hamas menyepakati gencatan senjata 12 jam di Gaza pada hari Sabtu (26/7).

Militer Israel mengatakan gencatan senjata itu akan berlaku mulai pukul 8 pagi waktu setempat, tetapi militer menyatakan pihaknya tetap akan mencari dan menghancurkan terowongan-terowongan yang digunakan militan untuk menyelundupkan senjata ke Gaza.

Seorang pejabat Hamas mengatakan kelompok militan itu juga akan berhenti bertempur, tetapi tidak memberi waktu kapan akan memulainya.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan laporan-laporan media Israel yang menyebutkan bahwa Kabinet menolak rencana gencatan senjata tujuh hari adalah salah. Menurut Kerry, belum ada usul resmi gencata senjata yang diajukan dan bahwa Israel menginginkan perubahan pada sebagian bahasa yang akan digunakan.

Diplomat tertinggi Amerika itu mengatakan, Perdana Menteri Netanyahu berkomitmen mengupayakan gencatan senjata. Ditambahkan, gencatan senjata selama seminggu akan digunakan untuk mengajak semua pihak agar bersama-sama mengkaji isu-isu mendasar yang telah menyebabkan kekerasan mematikan selama berminggu-minggu antara Israel dan Palestina.

Kerry berada di Paris untuk melanjutkan misi diplomatiknya. Ia mengatakan, upaya-upaya menuju gencatan senjata tidak akan berhenti, karena seluruh dunia menanti-nanti kapan kedua pihak akan sadar.

XS
SM
MD
LG