Tautan-tautan Akses

Israel dan Hamas Mulai Dialog di Kairo


Dua orang perempuan Palestina berjalan di antara reruntuhan di Gaza, sementara gencatan senjata 72 jam bertahan di sana (6/8).

Dua orang perempuan Palestina berjalan di antara reruntuhan di Gaza, sementara gencatan senjata 72 jam bertahan di sana (6/8).

Delegasi Israel dan Palestina hari Rabu (6/8) berada di Kairo untuk melakukan perundingan, sementara gencatan senjata selama 72 jam berlanjut untuk hari kedua.

Para diplomat Amerika dan PBB akan ikut dalam perundingan itu untuk mencapai perjanjian yang berlaku lebih lama. Pembicaraan itu juga akan membahas isu-isu mendasar yaitu serangan roket oleh Hamas yang memicu ofensif udara oleh Israel.

Tidak satupun berpendapat perundingan akan mulus. Israel menuntut demiliterisasi Jalur Gaza, sedangkan Hamas berkeras Israel dan Mesir mencabut blokade mereka yang sudah lama atas Gaza.

Warga Gaza menggunakan gencatan senjata untuk pulang ke rumah mereka yang sudah hancur dan pergi ke toko. Banyak wilayah perumahan sudah hancur berkeping-keping hingga sulit dikenali.

Lebih dari 1.800 orang Palestina tewas dalam sebulan ini, sebagian besar warga sipil, sedangkan Israel mengatakan 67 warganya tewas.

Pasukan darat Israel telah mundur dari Gaza, tetapi masih dalam posisi siaga.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG