Tautan-tautan Akses

Shimon Peres, Hosni Mubarak Berunding di Kairo


Kedua pemimpin berusaha menggulirkan perundingan langsung Israel-Palestina, usulan yang hingga kini masih ditolak Palestina.

Presiden Israel Shimon Peres melawat ke Mesir hari Minggu untuk mengadakan pembicaraan mengenai proses perdamaian Timur Tengah.

Presiden Mesir Hosni Mubarak dan Presiden Peres membicarakan usulan agar Palestina dan Israel melakukan perundingan perdamaian langsung. Liga Arab baru-baru ini mendukung ide perundingan perdamaian langsung namun hanya apabila Palestina siap melakukannya.

Para pejabat Palestina hari Sabtu mengatakan Presiden Amerika Barack Obama menulis surat kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang mengatakan hubungan mungkin akan buruk jika Palestina menolak mengadakan kembali perundingan langsung dengan Israel. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya telah mendesak dilakukannya perundingan langsung.

Presiden Abbas menolak untuk melakukan perundingan langsung kecuali Israel menghentikan pembangunan pemukiman di wilayah pendudukan Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

XS
SM
MD
LG