Tautan-tautan Akses

PBB: Israel dan Hamas Berupaya Turunkan Ketegangan di Gaza


Pendukung Hamas di Jalur Gaza melakukan pawai memperingati Hari Jadi Hamas ke 23, 14 Desember 2010.

Pendukung Hamas di Jalur Gaza melakukan pawai memperingati Hari Jadi Hamas ke 23, 14 Desember 2010.

Pesawat-pesawat perang Israel melakukan serangan udara di Gaza setelah sedikitnya 13 peluru mortir ditembakan dari Gaza ke Israel.

PBB mengatakan baik Israel maupun penguasa Jalur Gaza, kelompok Islam Hamas, telah mengindikasikan mereka ingin menurunkan ketegangan di dalam dan sekitar kawasan pantai itu dan menyerukan diakhirinya permusuhan di sana.

Reuters mengutip utusan PBB untuk Timur Tengah Robert Serry hari Kamis yang mengatakan bahwa PBB telah mendengarkan “keinginan yang jelas dari semua pihak terkait" untuk menurunkan ketegangan dan menghormati ketenangan. Serry menyerukan diakhirinya semua aksi kekerasan.

Sebelumnya hari Kamis, seorang petugas medis Palestina mengatakan militer Israel telah menembak mati seorang penggembala dan tiga lainnya dekat perbatasan Gaza dengan Israel.

Militer Israel mengukuhkan, tentara mereka melepaskan tembakan setelah beberapa orang memasuki sebuah kawasan terlarang sepanjang perbatasan itu dengan mengabaikan tembakan peringatan.

Pesawat-pesawat perang Israel telah melangsungkan serangkaian serangan udara di Gaza selama beberapa hari terakhir, termasuk yang menewaskan lima militan Palestina hari Sabtu lalu, jumlah korban tewas terbesar dalam satu kejadian sejak serangan Israel selama tiga pekan di Gaza dua tahun lalu.

Para pejabat militer Israel mengatakan mereka melangsungkan serangan itu setelah sedikitnya 13 peluru mortir ditembakan dari Gaza ke Israel.

XS
SM
MD
LG