Tautan-tautan Akses

Warga Israel Sampaikan Penghormatan bagi Jenazah Sharon


Presiden Israel Shimon Peres meletakkan karangan bunga di atas peti jenazah Sharon yang diletakkan di Knesset Plaza, gedung parlemen Israel di Yerusalem, Minggu (12/1).

Presiden Israel Shimon Peres meletakkan karangan bunga di atas peti jenazah Sharon yang diletakkan di Knesset Plaza, gedung parlemen Israel di Yerusalem, Minggu (12/1).

Mantan PM Israel Ariel Sharon meninggal dunia hari Sabtu (11/1) dalam usia 85 tahun, setelah selama delapan tahun terakhir ia berada dalam kondisi koma akibat stroke.

Ribuan warga Israel menyampaikan penghormatan terakhir kepada jenazah mantan Perdana Menteri Ariel Sharon yang disemayamkan di Knesset – parlemen Israel – hari Minggu (12/1).

Setelah mengheningkan cipta sejenak dalam rapat kabinet mingguan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Sharon mewakili generasi pejuang Yahudi yang muncul dalam kemerdekaan Israel era modern.

Netanyahu mengatakan Sharon memahami bahwa di atas kemerdekaan itu, yang terpenting adalah kemampuan untuk membela diri sendiri. Ia menambahkan di hati rakyat Yahudi, Sharon selamanya akan dikenang sebagai salah satu pemimpin paling luar biasa dan komandan yang berani.

Sementara itu Presiden Israel Shimon Peres meletakkan karangan bunga di atas peti jenazah Sharon. Sebelumnya ia menyampaikan rasa duka atas meninggalnya Sharon lewat pidato televisi.

Ariel Sharon meninggal dunia hari Sabtu dalam usia 85 tahun. Selama delapan tahun terakhir ia berada dalam kondisi koma akibat stroke.

Sebagai seorang pahlawan perang dan politikus berpengalaman, Sharon dikenal sangat mandiri. Ia dipuji banyak warga Israel tetapi dikecam oleh lainnya.

Warga Palestina mengenangnya karena strategi militer yang agresif dan pembangunan pemukiman Yahudi di wilayah Palestina. Ia dikecam karena invasi ke Lebanon tahun 1982 dan dinilai ikut bertanggungjawab atas kegagalan mencegah pembantaian ratusan warga Palestina di dua kamp pengungsi – Sabra dan Shatilla pada tahun yang sama. Ia memimpin serangan militer ofensi ke Gaza tahun 2005 yang menewaskan lebih dari 1.000 warga Palestina. Tetapi ia secara sepihak juga menarik mundur tentara Israel dan para pemukim dari kantung-kantung pendudukannya.

Beberapa warga Gaza merayakan dan membagi-bagikan permen ketika kematian Sharon diumumkan. Juru bicara kelompok Hamas yang menguasai Gaza tahun 2007 setelah penarikan tentara Israel – Sami Abu Zuhri – menyebut kematian Sharon sebagai peristiwa bersejarah.

Sami Abu Zuhri mengatakan meninggalnya Sharon setelah delapan tahun berada dalam kondisi koma merupakan peringatan dari Tuhan dan contoh bagi semua tiran.

Seorang anggota senior Organisasi Pembebasan Palestina PLO yang menguasai Tepi Barat – Wasel Abu Yusef – mengatakan Sharon berupaya mencerabut warga Palestina dari tanahnya dan mencegah pembentukan negara Palestina.

Wasel Abu Yusef mengatakan negara Palestina terkait dengan kematian Sharon, dengan apa yang dilakukannya, serangan-serangan dan kejahatannya terhadap warga Palestina.

Ariel Sharon akan dimakamkan hari Senin di kota kelahirannya di padang Negev, setelah upacara pemakaman militer yang dihadiri oleh pemimpin-pemimpin Israel dan dunia.
XS
SM
MD
LG