Tautan-tautan Akses

Israel Beli 20 Pesawat Siluman F-35 Buatan AS


Pesawat jet siluman paling canggih AS, F-35 Lightning II.

Pesawat jet siluman paling canggih AS, F-35 Lightning II.

Israel menandatangani kontrak 2,75 milyar dolar AS untuk pembelian 20 pesawat tempur jet siluman F-35 buatan Lockheed Martin.

Israel telah menanda-tangani kontrak 2,75 milyar dolar AS dengan Amerika Serikat untuk membeli 20 pesawat tempur jet siluman F-35 buatan pabrik Amerika Lockheed Martin, yang meningkatkan kekuatan militer negara itu dengan pesawat terbang yang menurut Israel akan menambah kemampuannya untuk mempertahankan diri terhadap ancaman di manapun di Timur Tengah.

Direktur Jenderal Kementerian Pertahanan Israel Ehud Shani mengatakan dalam upacara penanda-tanganan hari Kamis di New York bahwa penyerahan pesawat jet itu diperkirakan antara tahun 2015 dan 2017 dan Israel mempunyai pilihan untuk membeli 55 lagi pesawat setelah itu.

Michael Oren, dutabesar Israel untuk Amerika, menyebut kontrak itu “suatu perkembangan yang mempunyai arti strategi dan sejarah yang penting.”

Israel menganggap Iran satu ancaman strategi, dan pesawat-pesawat tempur itu akan mampu mencapai Republik Islam itu tanpa terdeteksi radar. Israel menyebut seruan Iran akan penghancuran negara Yahudi itu, program nuklirnya yang dicurigai dan misil-misilnya sebagai alasan ancaman tersebut.

XS
SM
MD
LG