Tautan-tautan Akses

Israel Bantah Penasihat Obama di Israel Beberkan Rencana Serang Iran


Penasihat Keamanan AS Tom Donilon diisukan mengunjungi Israel untuk membahas rencana serangan terhadap Iran (foto: dok).

Penasihat Keamanan AS Tom Donilon diisukan mengunjungi Israel untuk membahas rencana serangan terhadap Iran (foto: dok).

Surat kabar Haaretz melaporkan hari Minggu bahwa Penasihat Keamanan AS Tom Donilon membeberkan rencana itu kepada PM Israel Benjamin Netanyahu.

Pemerintah Israel membantah berita surat kabar Israel bahwa pejabat tinggi keamanan pemerintahan Obama telah memberi pengarahan kepada perdana menteri negara Yahudi itu mengenai rencana Amerika untuk kemungkinan melakukan serangan terhadap Iran.

Surat kabar Israel 'Haaretz' melaporkan hari Minggu (29/7) bahwa Penasihat Keamanan Nasional Amerika Tom Donilon membeberkan rencana itu kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Menurut Haaretz, Donilon berusaha meyakinkan Israel bahwa Amerika siap bertindak secara militer bila diplomasi dan sanksi gagal memaksa Iran menghentikan program pengayaan nukliRnya.

Tetapi seorang pejabat senior Israel, yang namanya tidak mau disebut, mengatakan "Seluruh artikel (surat kabar Haaretz) itu salah."

Pejabat Israel itu menambahkan bahwa Tom Donilon tidak bertemu perdana menteri untuk makan malam, ia tidak bertemu tatap muka, dan juga tidak membeberkan rencana operasional untuk menyerang Iran.
XS
SM
MD
LG