Tautan-tautan Akses

Israel akan Usir Sebagian Warga Palestina di Tepi Barat


Pejabat Palestina di Tepi Barat mencela keputusan Israel itu karena melanggar hak-hak dasar warganya untuk tinggal di Tepi Barat.

Israel akan mendeportasi orang-orang Palestina dan lainnya dari kawasan pendudukan di Tepi Barat, apabila tentara Israel menganggap mereka tinggal di sana secara tidak sah.

Keputusan Israel ini dimuat dalam sebuah situs militer hari Minggu. Tindakan ini segera mendapat kutukan dari sepuluh kelompok hak asasi Israel yang memperingatkan bahwa keputusan itu akan memungkinkan pengusiran puluhan ribu orang Palestina dari Tepi Barat.

Israel membantah punya rencana akan mendeportasi orang Palestina secara masal dari Tepi Barat. Pejabat Palestina di Tepi Barat mencela keputusan Israel itu karena melanggar hak-hak dasar warganya untuk tinggal di Tepi Barat tanpa harus mendapat izin dari Israel.

Peraturan Israel sebelum ini mengatur pengusiran orang-orang yang masuk ke Tepi Barat tanpa izin dari sejumlah negara yang dianggap musuh oleh Israel.

Petunjuk deportasi yang baru ini memperluas rumusan orang-orang yang bisa diusir sampai mencakup orang-orang yang tinggal di Tepi Barat tanpa izin resmi dari Israel.

Kelompok hak asasi Israel khawatir peraturan baru itu akan digunakan untuk mengusir puluhan ribu orang Palestina yang lahir di Jalur Gaza dan istri atau suami orang-orang Palestina yang tinggal di Tepi Barat.

XS
SM
MD
LG