Tautan-tautan Akses

Israel akan Longgarkan Blokade atas Jalur Gaza


Israel akan mengizinkan masuknya hampir semua jenis barang kecuali senjata dan perlengkapan militer.

Pemerintah Israel dilaporkan akan melonggarkan blokade atas jalur Gaza dengan mengizinkan masuknya hampir semua jenis barang kecuali senjata dan perlengkapan militer.

Kabinet Israel menyetujui hal ini dalam sidangnya hari Minggu, tapi Israel akan mengganti daftar barang-barang yang diizinkan masuk dengan daftar baru barang-barang yang dilarang.

Israel mendapat kecaman keras dunia internasional karena blokadenya atas jalur Gaza, setelah pasukan komandonya bulan lalu menyerang sebuah konvoi kapal bantuan yang berusaha mencapai jalur Gaza.

Kata Gedung Putih hari Minggu, keputusan Israel itu akan memperbaiki keadaan bagi warga Palestina di Gaza dan sekaligus mencegah masuknya senjata. Perdana menteri Israel Benyamin Netanyahu akan bertemu dengan presiden Barack Obama tanggal 6 Juli mendatang di Washington. Kunjungan sebelumnya tanggal 1 Juni dibatalkan karena serangan Israel atas konvoi kapal bantuan itu, yang menewaskan sembilan orang. Penyerbuan itu membuat tegang hubungan antara Amerika dan Israel.

Pemerintah Amerika telah mengumumkan bantuan 400 juta dollar bagi warga sipil Palestina, karena menurut presiden Obama, situasi di jalur Gaza tidak bisa terus dibiarkan seperti itu.

XS
SM
MD
LG