Tautan-tautan Akses

Israel akan Bebaskan Lagi Tahanan Palestina


Warga Palestina di Jalur Gaza melakukan unjuk rasa menuntut pembebasan tahanan dari penjara Israel (foto: dok).

Warga Palestina di Jalur Gaza melakukan unjuk rasa menuntut pembebasan tahanan dari penjara Israel (foto: dok).

Pemerintah Israel akan membebaskan kelompok kedua tahanan Palestina yang sudah lama dipenjara sebagai bagian dari perjanjian perundingan damai.

Israel telah menyetujui pembebasan kelompok kedua tahanan Palestina yang sudah lama dipenjara sebagai bagian dari perjanjian memulai kembali perundingan damai antara kedua pihak.

Dalam sebuah pemungutan suara hari Minggu (27/10), komite kementrian Israel menyetujui pembebasan 26 warga Palestina yang sudah ditahan antara 19-28 tahun, banyak diantaranya atas tuduhan membunuh warga Israel.

Semuanya di penjara karena melakukan kekerasan sebelum Israel menandatangani perjanjian damai sementara tahun 1993 dengan penguasa Palestina di Tepi Barat.

Nama-nama ke 26 tahanan itu akan diumumkan dalam situs pihak penjara Israel.. Setelah itu ada periode 48 jam supaya keluarga korban yang tewas dalam serangan oleh warga Palestina tersebut bisa menyampaikan keberatan atas rencana pembebasan itu.

Mahkamah Agung Israel biasanya menolak campur tangan dalam pembebasan tahanan Palestina dengan menyebutnya sebagai masalah politik yang harus diputuskan pemerintah.
XS
SM
MD
LG