Tautan-tautan Akses

'Isme' Kata Tahun Ini Menurut Merriam-Webster


Merriam-Webster memilih 'isme' sebagai kata tahun ini.

Merriam-Webster memilih 'isme' sebagai kata tahun ini.

Penerbit kamus Merriam-Webster menyatakan kata tahun 2015 ini bukan kata-kata, tetapi akhiran “ism” atau “isme.”

Kantor berita Associated Press mengutip Merriam-Webster melaporkan memilih “isme” karena banyaknya jumlah orang mencari beragam kata berakhiran “isme.” Beberapa kata berakhiran “isme” yang popular adalah sosialisme, fasisme, rasisme, feminisme, komunisme, kapitalisme dan terorisme.

"Banyak yang kita pikirkan tahun ini," ujar Peter Sokolowski, editor Merriam-Webster yang berkantor di Springfield, Massachusetts dalam wawancara dengan Associated Press. "Ini tahun serius. Kata-kata ini merupakan gagasan dan prakteknya."

Penggunaan kata "fasisme" melonjak bulan November lalu setelah dirilisnya sebuah video yang menunjukkan seorang polisi kulit putih menembak seorang remaja kulit hitam di Chicago, ujar Merriam-Webster. Hal ini juga terjadi dalam kampanye kandidat capres dan bilyuner Donald Trump, yang dikecam karena pernyataan-pernyataan yang memanas-manasi orang, khususnya ketika ia menyerukan larangan “total dan menyeluruh” bagi warga Muslim untuk masuk ke Amerika.

Kandidat capres lainnya, Bernie Sanders, bertanggungjawab atas melonjaknya pencarian kata "sosialisme."

"Ini terkait fakta bahwa ada seorang kandidat presiden yang mengidentifikasikan dirinya sebagai Demokratik-Sosialis," ujar Sokolowski. "Kita melihat bahwa meskipun kata sosialisme berada dalam daftar 10 kata yang paling dicari di seluruh situs, pencarian kata itu melonjak mulai akhir Juli ketika Bernie Sanders melangsungkan beberapa kampanye yang diatur lewat media sosial dan menarik sekitar 100 ribu orang di tiga ribu komunitas atau lebih di Amerika."

Pencarian kata "rasisme" melonjak setelah penembakan di sebuah gereja di South Carolina dan demonstrasi mahasiswa di Universitas Missouri.

"Isme" juga telah menjadi 'kata tahun ini' pada tahun 2012, terutama untuk kata "kapitalisme" dan "sosialisme."

Awal tahun ini Oxford Dictionaries juga mengumumkan icon tahun ini, yang bukan kata-kata, tetapi emoji "wajah dengan tetesan air mata gembira." [em/ii]

XS
SM
MD
LG