Tautan-tautan Akses

Islandia Keluarkan Peringatan Terbang Level Tertinggi


Papan peringatan di jalan menuju gunung berapi Bardarbunga di wilayah gletser Vatnajokull (19/8). (Reuters/Sigtryggur Johannsson)

Papan peringatan di jalan menuju gunung berapi Bardarbunga di wilayah gletser Vatnajokull (19/8). (Reuters/Sigtryggur Johannsson)

Peringatan “kode merah” itu mengindikasikan letusan berskala penuh akan segera terjadi atau sedang dalam proses.

Islandia menaikkan level bahaya bagi penerbangan ke tingkat tertinggi yaitu kode merah setelah letusan gunung berapi berskala kecil yang menimbulkan kekhawatiran bahwa debunya di atmosfer bisa mengganggu perjalanan udara.

Dinas meteorologi Islandia Sabtu (23/8) mengatakan letusan terdeteksi di bawah sebuah gletser di Gunung Bardarbunga, lokasi serangkaian gempa bumi awal minggu ini.

Peringatan “kode merah” itu mengindikasikan letusan berskala penuh akan segera terjadi atau sedang dalam proses. Kantor berita AP melaporkan pihak berwenang penerbangan telah menyatakan zona larangan terbang di sekitar gunung itu, tetapi belum menutup zona udara Islandia.

Penduduk di kawasan Islandia tengah dekat gunung itu dievakuasi awal minggu ini sebagai langkah berjaga-jaga.

Situasi di sana memicu kekhawatiran terulangnya gangguan penerbangan pada 2010, ketika jadwal penerbangan selama seminggu ditunda atau dibatalkan akibat gulungan awan abu volkanik dari letusan sebuah gunung.

Sejak saat itu, peraturan penerbangan telah diubah membuat kecil kemungkinan kekacauan semacam itu akan terulang.

XS
SM
MD
LG