Tautan-tautan Akses

Militan ISIS Tewaskan 16 Penjaga Perbatasan Irak


Pasukan Irak siaga di provinsi Al-Anbar (foto: dok). ISIS menyerang Al-Walid di provinsi Al-Anbar menewaskan 16 tentara Irak.

Pasukan Irak siaga di provinsi Al-Anbar (foto: dok). ISIS menyerang Al-Walid di provinsi Al-Anbar menewaskan 16 tentara Irak.

Militan ISIS menewaskan setidaknya 16 penjaga perbatasan Irak dalam serangan fajar hari Senin (1/12) terhadap pos terpencil dekat perbatasan Suriah.

Setidaknya empat penjaga lain luka-luka dalam serangan di markas mereka di al-Walid, bagian paling barat Provinsi Anbar. Belum jelas berapa banyak pejuang ISIS tewas atau luka-luka.

Walau ada serangan itu, pejabat-pejabat Irak mengatakan, pasukan pemerintah masih menguasai al-Walid, sekitar 500 kilometer sebelah barat ibukota, Baghdad, dan dekat titik di mana perbatasan Irak, Suriah dan Yordania bertemu.

Pemberontak ISIS telah menguasai bagian-bagian Anbar sejak awal 2014, beberapa bulan sebelum militan itu melancarkan serangan pada bulan Juni di mana mereka merebut sekitar sepertiga Irak dan Suriah. Pasukan pemerintah Irak, didukung serangan udara yang dipimpin Amerika dan pasukan di darat, merebut kembali sebagian wilayah itu dalam beberapa pekan ini.

Misi Bantuan PBB untuk Irak mengatakan, lebih dari 1.200 warga Irak tewas dan lebih dari 2.400 orang luka-luka dalam kekerasan dan serangan teror pada bulan November. Hampir 300 dari mereka yang tewas adalah tentara Irak dan Kurdi, serta milisi yang berperang bersama mereka.

XS
SM
MD
LG