Tautan-tautan Akses

ISIS Rebut Sebagian Besar Bekas Pangkalannya di Afghanistan


Para militan anggota kelompok ekstremis ISIS di Afghanistan timur (foto: dok).

Para militan anggota kelompok ekstremis ISIS di Afghanistan timur (foto: dok).

Para militan yang terkait dengan kelompok ektremis ISIS telah merebut kembali sebagian besar bekas daerah mereka di Afghanistan timur.

Para pejabat dan saksi di Afghanistan mengatakan lasykar yang terkait dengan ISIS telah merebut kembali sebagian besar bekas daerah kelompok militan tersebut di negara itu, beberapa pekan setelah mundur ke daerah persembunyian di pegunungan terpencil dalam menghadapi operasi besar keamanan Afghanistan.

Daerah-daerah yang direbut itu terletak di Achin, Naziyan, Kot dan Haska Meena di provinsi Nangarhar, bagian timur Afghanistan, yang berbatasan dengan Pakistan.

Seorang wartawan siaran bahasa Afghanistan VOA pekan ini pergi ke Achin, pangkalan utama ISIS di negara itu, dan mengatakan pasukan keamanan pemerintah telah pindah ke kedudukan yang mereka duduki sebelum melancarkan serangan “Qahr-e-Sellab” anti-ISIS bulan Juni.

Juru bicara daerah militer setempat Shreen Aqa mengukuhkan kepada VOA bahwa militant ISIS telah kembali ke daerah-daerah rawan itu, tetapi mengatakan pasukan Afghanistan sedang bersiap-siap untuk melancarkan serangan baru untuk memukul mundur mereka. [gp]

XS
SM
MD
LG