Tautan-tautan Akses

ISIS Lancarkan Serangan Besar-besaran di Suriah Utara


Asap membubung di pinggiran kota Marea di Suriah utara, dalam pertempuran antara pejuang oposisi dan kelompok ISIS. (Foto: Dok)

Asap membubung di pinggiran kota Marea di Suriah utara, dalam pertempuran antara pejuang oposisi dan kelompok ISIS. (Foto: Dok)

Bertambahnya wilayah yang direbut ISIS di sekitar Marea dan Azaz telah memerangkap lebih dari 160.000 warga sipil antara wilayah tersebut dan perbatasan Turki.

Militan Negara Islam (ISIS) hari Sabtu (28/5) melancarkan serangan besar-besaran di Suriah utara terhadap sebuah kubu kuat oposisi, bentrok dengan pasukan anti-pemerintah di kota Marea dekat perbatasan Turki.

Pemantau HAM Suriah yang berbasis di London mengatakan serangan ISIS di Aleppo utara itu memutus jalan utama yang menghubungkan Marea dengan kota terdekat yang didominasi oposisi, Azaz.

Belum ada rincian lain yang tersedia Sabtu malam, tetapi Associated Press sebelumnya mengutip kepala salah satu rumah sakit yang tersisa di Marea mengatakan kota itu telah terkepung dan rumah sakitnya terancam sejak Jumat.

“Kami perlu perlindungan di rumah sakit atau jalan keluar,” kata dokter
Abdel Rahman Alhafez kepada AP lewat email.

Sementara itu, aliansi Kurdi-Arab yang didukung AS melancarkan serangan terhadap para pejuang di sebelah utara kota Raqqa, kubu kuat ISIS. Media Turki melaporkan serangan udara AS dan tembakan artileri Turki menghancurkan beberapa bangunan yang digunakan sebagai markas ISIS di kota itu.

Para pengamat mengatakan bertambahnya wilayah yang direbut ISIS di sekitar Marea dan Azaz telah memerangkap lebih dari 160.000 warga sipil antara wilayah tersebut dan perbatasan Turki. [vm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG