Tautan-tautan Akses

Laporan: ISIS Lakukan Genosida Terhadap Yazidi di Irak


Warga Yazidi yang berhasil dibebaskan dari militan ISIS saling berpelukan di pinggiran kota Kirkuk, Irak (foto: dok).

Warga Yazidi yang berhasil dibebaskan dari militan ISIS saling berpelukan di pinggiran kota Kirkuk, Irak (foto: dok).

Sebuah lembaga AS melaporkan bahwa militan ISIS melakukan genosida terhadap kaum Yazidi di Irak utara dan melancarkan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Militan ISIS melakukan genosida terhadap kaum Yazidi di Irak utara dan melancarkan kejahatan terhadap kemanusiaan, pembersihan etnis, dan kejahatan perang terhadap minoritas lain, kata Museum Holocaust Yahudi AS.

Kejahatan itu dilakukan terhadap warga Nasrani, Yazidi, Turkmen, Shabak, Sabaean-Mandaean, dan Kaka'i di provinsi Nineveh antara bulan Juni dan Agustus 2014, kata sebuah laporan Pusat Simon-Skjodt bagi Pencegahan Genosida.

Sebagian besar penduduk Yazidi, yang jumlahnya sekitar setengah juta, masih mengungsi di kamp-kamp di dalam wilayah Kurdistan Irak.

Dari sekitar 5.000 laki-laki dan perempuan Yazidi yang ditangkap militan pada musim panas 2014, 2.000 diantaranya berhasil menyelamatkan diri atau diselundupkan keluar dari wilayah ISIS, kata para aktivis. Yang lainnya masih disandera.

PBB mengatakan bulan Maret bahwa ISIS mungkin telah melakukan genosida untuk memberantas kaum minoritas Yazidi dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk membawa kasus itu ke Mahkamah Kriminal Internasional. [vm/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG