Tautan-tautan Akses

ISIS Klaim Bertanggungjawab atas Serangan di Libya


Peta wilayah Qubba, Libya, yang terkena serangan pemboman mobil (20/2). Militan Isis di Libya mengklaim bertanggungjawab atas serangan itu.

Peta wilayah Qubba, Libya, yang terkena serangan pemboman mobil (20/2). Militan Isis di Libya mengklaim bertanggungjawab atas serangan itu.

Militan ISIS di Libya telah mengklaim tanggung jawab atas pemboman mobil mematikan hari Jumat di sebelah timur negara itu.

Para pejabat Libya mengatakan sedikitnya 40 orang tewas dan belasan lainnya luka-luka dalam sedikitnya tiga pemboman bunuh diri di kota Qubba.

Lembaga pemantau terorisme yang berbasis di AS, SITE Intelligence Group, mengatakan ISIS cabang Provinsi Barqah mengklaim melakukan serangan itu dan mengidentifikasi pelaku pemboman itu sebagai warga Libya dan Saudi.

Kota Qubba dekat dengan kubu kuat militant tetapi dikuasai oleh pemerintah Libya yang diakui secara internasional.

Ada berbagai laporan yang bertentangan mengenai dimana tepatnya serangan-serangan itu terjadi.

Para pejabat mengatakan salah satu bom mobil itu meledak di sebuah pom bensin di dekat bangunan keamanan di Qubba. Para pejabat lainnya menyebutkan sebuah serangan terpisah mengenai fasilitas keamanan itu dan sebuah serangan lainnya menarget rumah ketua DPR Libya.

Negara itu telah dilanda kekerasan yang semakin meningkat, sementara para pejuang yang setia kepada ISIS berupaya merebut lebih banyak wilayah.

Libya terbagi antara milisi dan dua pemerintah paralel, yang menyebabkan negara itu berada dalam keadaan yang tidak stabil setelah digulingkannya Moammar Gadhafi.





XS
SM
MD
LG