Tautan-tautan Akses

ISIS Kembali Masuki Kota Kuno Palmyra di Suriah


Tentara Suriah berdiri di atas puing-puing Kuil Bel di kota kuno bersejarah Palmyra di provinsi Homs, Suriah. (Foto: Dok)

Tentara Suriah berdiri di atas puing-puing Kuil Bel di kota kuno bersejarah Palmyra di provinsi Homs, Suriah. (Foto: Dok)

Para pemantau mengatakan sekitar 50 tentara yang bersekutu dengan Damaskus telah tewas dalam pertempuran di Palmyra.

Militan ekstremis Negara Islam (ISIS) terus merangsek masuk ke kota kuno Palmyra di Suriah, Sabtu tengah hari (10/12), kata para pemantau, setelah pertempuran sengit dua hari dengan pasukan pemerintah.

Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah yang berbasis di Inggris, yang mengawasi dan melaporkan tentang perang saudara Suriah, mengatakan ISIS telah menguasai sebuah rumah sakit penting di sana. Sebelumnya mereka telah menguasai beberapa kilang minyak dan pos-pos strategis di dekat kota itu.

Dorongan ekstremis di provinsi Homs itu terjadi sembilan bulan setelah para militan diusir dari kota itu oleh pasukan pemerintah Suriah dan sekutu Rusia dalam serangan yang disebut pejabat militer Suriah sebagai “pukulan fatal” bagi organisasi ISIS.

Hingga Sabtu malam, pemerintahan Presiden Bashar al-Assad belum mengomentari pertempuran di Palmyra itu dan belum ada jumlah korban yang diumumkan secara resmi. Tetapi para pemantau hari Jumat mengatakan sekitar 50 tentara yang bersekutu dengan Damaskus telah tewas dalam pertempuran itu.

Di utara, para pemantau melaporkan pertempuran sengit terjadi di beberapa distrik di sebelah tenggara kota Aleppo, setelah serangan dua minggu oleh militer Suriah yang didukung Rusia dan sekutu-sekutu Syiah membuat pasukan pemberontak tercerai berai. Sejumlah orang yang menyaksikan pertempuran hari Sabtu itu mengatakan para pemberontak tidak mau mundur dari sektor timur yang hancur itu.

Pemantau melaporkan 24 warga sipil tewas oleh pasukan pemerintah sejak Jumat, dan mengatakan sedikitnya sembilan lainnya tewas karena tembakan artileri pemberontak ke sektor-sektor yang dikuasai pemerintah di kota itu dalam periode yang sama. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG