Tautan-tautan Akses

Turki: ISIS Berada di Balik Pemboman Awal Bulan Ini


Seorang pria menangis di antara korban tewas ledakan di Ankara, Turki hari Sabtu, 10 Oktober lalu (foto: dok).

Seorang pria menangis di antara korban tewas ledakan di Ankara, Turki hari Sabtu, 10 Oktober lalu (foto: dok).

Pernyataan kantor jaksa Turki mengatakan mereka menemukan informasi yang merinci arus transfer dana ke sel ISIS di Turki dari pangkalan ISIS di Suriah.

Jaksa Turki mengatakan dua ledakan yang terjadi pada demonstrasi damai yang menewaskan 102 orang di Ankara awal bulan ini, diperintahkan oleh kelompok militan ISIS.

Pernyataan dari kantor jaksa Ankara mengatakan sel teror ISIS yang berpusat di provinsi Gaziantep, Turki bagian tenggara, di dekat perbatasan dengan Suriah, merencanakan serangan itu berdasarkan perintah langsung pemimpin-pemimpin kelompok militan itu.

Pernyataan itu mengatakan telah menemukan informasi yang merinci arus uang ke sel ISIS di Turki dari pangkalan ISIS di Suriah.

Serangan tanggal 10 Oktober lalu menarget demonstrasi damai yang dilangsungkan oleh kelompok sayap kiri Turki dan aktivis pro-Kurdi. Pekan lalu pejabat-pejabat Turki mengidentifikasi dua laki-laki pembom bunuh diri itu dan mengatakan mereka bertanggungjawab atas serangan itu.

Salah seorang pembom bunuh diri diidentifikasi sebagai abang pembom bunuh diri di kota Suruc – Turki, di dekat perbatasan Suriah, Juli lalu, yang menewaskan 33 aktivis pro-Kurdi. Pembom bunuh diri kedua adalah seorang yang sudah masuk dalam daftar polisi tentang tersangka pembom bunuh diri ISIS. [em]

XS
SM
MD
LG