Tautan-tautan Akses

Irlandia Utara Setujui Pemindahan Kewenangan Tangani Kasus Kejahatan dari Inggris


Gordon Brown memuji keputusan parlemen Irlandia.

Gordon Brown memuji keputusan parlemen Irlandia.

Parlemen Irlandia Utara telah menyetujui perjanjian untuk memindahkan kewenangan polisi dan pengadilan kejahatan dari Inggris.

Parlemen Irlandia Utara telah menyetujui perjanjian untuk memindahkan kewenangan polisi dan pengadilan kejahatan dari Inggris kepada pemerintah Katolik-Protestan di Belfast.

Para anggota parlemen Irlandia Utara menyetujui 88 lawan 17 untuk pemindahan itu yang akan diadakan tanggal 12 April. Ke-17 anggota parlemen yang menolak berasal dari Partai Persatuan Protestan Ulster.

Inggris, Irlandia dan pemerintah Amerika melobi terus-menerus langkah pendelegasian itu dalam minggu-minggu sejak Partai Sinn Fein yang Katolik mengancam akan mundur dari pemerintahan karena lambannya pemindahan tersebut.

Tidak lama setelah pemungutan suara hari Selasa itu, Perdana Menteri Gordon Brown memuji apa yang disebutnya keberanian dan kepemimpinan politisi setempat.

Menteri luar negeri Amerika Hillary Clinton menyebut pemungutan suara hari Selasa itu “sebuah langkah penting untuk memastikan masa depan yang damai dan makmur” bagi seluruh rakyat Irlandia Utara.

XS
SM
MD
LG