Tautan-tautan Akses

Irlandia Utara Perpanjang Penahanan Tokoh Oposisi 48 Jam


Pemimpin Sinn Fein, Gerry Adams (Foto: dok).

Pemimpin Sinn Fein, Gerry Adams (Foto: dok).

Seorang hakim di Irlandia Utara mengabulkan permohonan polisi tambahan waktu 48 jam untuk menginterogasi pemimpin Sinn Fein Gerry Adams mengenai pembunuhan seorang janda dan ibu 10 anak di Belfast pada tahun 1972.

Dinas Kepolisian Irlandia Utara mengukuhkan bahwa para penyidik telah menerima putusan perpanjangan itu dalam sidang tertutup di pengadilan hari Jumat (2/5). Berdasarkan undang-undang Inggris, polisi dapat meminta perpanjangan kedua pada Minggu malam.

Adams, tokoh oposisi terkemuka di Republik Irlandia, ditahan hari Rabu (30/4) untuk diinterogasi mengenai penculikan dan pembunuhan Jean McConville, perempuan berusia 38 tahun yang dieksekusi oleh organisasi paramiliter Laskar Republik Irlandia, IRA, karena dituduh menjadi mata-mata pihak berwenang Inggris. Jenazahnya dikuburkan diam-diam dan ditemukan beberapa dasawarsa kemudian di Republik Irlandia.

Adams selalu menyangkal terlibat langsung di IRA, meskipun ada klaim dari para saksi bahwa ia menjadi komandan IRA selama beberapa dekade pada masa 30 tahun pemberontakan yang menghadapkan kelompok yang menginginkan kemerdekaan dan kelompok yang pro-Inggris. Ia juga membantah berperan apapun dalam pembunuhan McConville.
XS
SM
MD
LG