Tautan-tautan Akses

Irlandia Kemungkinan Terima Pinjaman Uni Eropa dan IMF


Kantor pusat bank sentral Irlandia.

Kantor pusat bank sentral Irlandia.

Patrick Honohan, Gubernur Bank Sentral Irlandia, mengatakan belum ada keputusan mengenai jumlah pasti dana talangan itu.

Irlandia hari Kamis sudah hampir menyetujui dana talangan berjumlah puluhan miliar euro dari mitra-mitranya dalam Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional untuk menopang bank-bank di negara itu yang dililit utang dan untuk menstabilkan ekonominya.

Patrick Honohan, Gubernur Bank Sentral Irlandia, mengatakan belum ada keputusan mengenai jumlah pasti pinjaman itu. Tapi katanya jumlah itu akan lumayan besar supaya negaranya “cukup kuat” untuk mengatasi masalah keuangannya.

Menurutnya, pinjaman itu kemungkinan akan dalam bentuk “pendanaan sementara,” yaitu uang yang tersedia untuk digunakan bila Irlandia memerlukannya.

Para pejabat Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan IMF sedang berada di Dublin untuk meneliti arsip-arsip keuangan dan bank negara itu. Irlandia lumpuh dililit utang setelah pemerintah terpaksa menalangi bank-bank utama negara itu dengan biaya lebih dari 60 milyar dolar, atau sekitar sepertiga PDB Irlandia.

XS
SM
MD
LG