Tautan-tautan Akses

Irlandia Bebas dari Dana Talangan Uni Eropa


PM Irlandia, Enda Kenny mengatakan perekonomian Irlandia bergerak ke arah yang benar dengan bebas dari dana talangan (foto: dok).

PM Irlandia, Enda Kenny mengatakan perekonomian Irlandia bergerak ke arah yang benar dengan bebas dari dana talangan (foto: dok).

Irlandia telah bebas dari dana talangan internasional dan kini dapat membiayai sendiri pemerintah tanpa bantuan dari blok Uni Eropa.

Irlandia telah bebas dari dana talangan internasional, dengan mengatakan kini dapat membiayai sendiri pemerintah tanpa bantuan dari negara-negara tetangga blok mata uang euro.

Irlandia menerima bagian terakhir dari dana talangan $ 93 juta pekan lalu, dan Perdana Menteri Enda Kenny mengatakan kepada rakyatnya hari Minggu bahwa Irlandia sedang "bergerak ke arah yang benar."

Irlandia terpaksa menerima paket dana talangan tahun 2010 setelah para peminjam gagal bayar berbagai pinjaman properti, yang kemudian berdampak gawat bagi perekonomian negara pulau itu.

Irlandia adalah yang pertama dari empat negara zona penerima dana talangan yang keluar dari kelompok itu. Yunani, Portugal dan Siprus juga menerima dana talangan tersebut.

Irlandia diperkirakan akan dapat meminjam uang sesuai kebutuhannya, dengan tingkat bunga wajar dari pasar keuangan internasional. Tapi akan dibutuhkan waktu panjang bagi negara itu untuk membayar kembali dana talangannya, karena pembayaran terakhir baru jatuh tempo pada tahun 2042.
XS
SM
MD
LG