Tautan-tautan Akses

Irlandia Adakan Referendum Perjanjian Zona Euro


Para petugas sedang menghitung surat suara yang masuk dalam pemungutan suara Irlandia terkait referendum Fiskal Uni Eropa di Hotel City West, Dublin, Irlandia (1/6).

Para petugas sedang menghitung surat suara yang masuk dalam pemungutan suara Irlandia terkait referendum Fiskal Uni Eropa di Hotel City West, Dublin, Irlandia (1/6).

Irlandia mengelar pemungutan suara untuk mempertimbangkan isi perjanjian pengurangan hutang Eropa, Kamis (31/5).

Rakyat Irlandia pergi ke TPS hari Kamis untuk memberikan suara mengenai rancangan yang didukung Jerman, yang hendak memberlakukan batasan yang ketat atas hutang dan defisit anggaran untuk ke-17 negara anggota blok mata-uang Euro.

Irlandia menandatangani perjanjian itu bulan Maret lalu, bersama sebagian besar negara anggota Uni Eropa lainnya. Namun hanya Irlandia yang berusaha memperoleh persetujuan dari rakyatnya atas rancangan tersebut. Parlemen negara-negara zona Euro lainnya sedang mempertimbangkan perjanjian itu.

Seorang warga Irlandia, Aidan Crowley, mengatakan rakyat Irlandia merasa kesal oleh kegoncangan ekonomi yang berkepanjangan di zona Euro. Namun Aidan mengatakan, Irlandia tidak dapat meremehkan tanggung jawab atas kekeliruan tindakan keuangannya sendiri.

Pemerintah Irlandia telah memperingatkan warganya bahwa kegagalan menyetujui rencana Uni Eropa tidak akan memenuhi kepentingan terbaik Irlandia untuk memperoleh lagi bantuan dana talangan, sekiranya Irlandia membutuhkan tambahan dana lagi di saat dana talangan sebesar 106 milyar dolar yang sekarang habis pada tahun 2013 mendatang. Para penentang mengatakan perjanjian itu akan menghambat kebutuhan Irlandia dalam merangsang pertumbuhan ekonominya.

Jajak pendapat Irlandia yang diambil sebelum referendum hari Kamis memberi indikasi mayoritas warga Irlandia menyetujui perjanjian itu. Tetapi hasil akhir mungkin akan lebih berimbang daripada yang diperkirakan semula, karena tidak banyak rakyat Irlandia yang datang untuk memberikan suara mereka.

Kalau rakyat Irlandia menolak referendum itu, perjanjian tersebut masih dapat disetujui oleh 12 dari 16 negara lain yang menggunakan mata uang Euro.
XS
SM
MD
LG