Tautan-tautan Akses

Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla Kompak Belanja Batik Solo

  • Yudha Satriawan

Istri pasangan capres-cawapres terpilih Jokowi-Jusuf Kalla, Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla kompak belanja batik di Solo, 11 September 2014 (Foto: VOA/Yudha)

Istri pasangan capres-cawapres terpilih Jokowi-Jusuf Kalla, Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla kompak belanja batik di Solo, 11 September 2014 (Foto: VOA/Yudha)

Menjelang pelantikan pertengahan bulan depan, istri pasangan capres-cawapres terpilih Jokowi-Jusuf Kalla, Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla, berkeliling Solo. Mereka kompak berbelanja busana batik.

Sebuah pusat industri batik di Jalan Radjiman Solo tampak berbeda, Kamis siang (11/9). Puluhan polisi, TNI hingga pasukan pengamanan presiden atau Paspampres menjaga ketat lokasi tersebut.

Istri pasangan capres-cawapres terpilih Jokowi-JK, Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla, tampak berada di dalam bangunan yang berisi koleksi busana batik di Solo ini. Puluhan jurnalis hanya bisa menunggu di luar bangunan tersebut.

Selama hampir tiga jam, para ajudan maupun pengawal istri pasangan capres terpilih ini tampak keluar masuk membawa lebih dari 10 kantong yang berisi busana batik ke dalam mobil Mercy yang berada di pintu masuk bangunan tersebut.

Saat ditemui VOA, istri capres terpilih Jokowi, Iriana, mengatakan membeli sejumlah busana batik untuk dirinya maupun suaminya. Namun Iriana, enggan berkomentar ketika disinggung tentang persiapan menjelang pelantikan Presiden dan wakil Presiden, bulan depan.

“Pesan busana untuk pelantikan nanti?"

"Wah enggak tahu ya..(tertawa). Ya beli batik ini kan untuk upaya mendorong masyarakat menggunakan batik Solo. Ya pasti saya dorong, tidak hanya batik Solo tetapi juga produk asli dan khas berbagai daerah di Indonesia Nusantara," jelas Iriana Jokowi.

Ungkapan senada dilontarkan Istri Calon Wakil Presiden terpilih, Mufidah Jusuf Kalla. Mufidah juga enggan berkomentar saat disinggung tentang persiapan menjelang pelantikan Presiden dan wakil Presiden, bulan depan.

“Solo bagus. Batik-batiknya bagus-bagus semua. Saya selalu terkenang dengan Batik Solo. Ini saya diajak berkeliling ke lokasi ini, sama bu Iriana Jokowi," jelas Mufidah Kalla.

"...untuk busana kenegaraan saat pelantikan nanti?"

"Wah saya tidak tahu ya. Nanti saja. Ya tadi saya beli batik, satu untuk saya, satu untuk Pak JK,” imbuh istri cawapres terpilih ini.

Sementara itu, juru bicara Batik Danarhadi Solo, Anissa Dewanto mengatakan kedatangan istri Jokowi dan istri Jusuf Kalla tersebut berbelanja busana batik. Namun Annisa mengaku tidak tahu apakah pembelian busana batik tersebut terkait persiapan untuk pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Oktober mendatang.

“Tadi yang saya lihat, keduanya membeli beberapa busana batik. Yang saya lihat itu Bu JK beli satu dan untuk Pak JK juga satu. Saya juga agak tidak terlalu mengamati karena harus menyiapkan semua busana yang ada di dalam. Bahannya motif dan warna juga lupa, tapi yang jelas mereka belanja busana batik di sini. Itu nanti untuk dipakai saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, ya saya juga kurang tahu,” jelas Anissa Dewanto.

Selain berbelanja di pusat batik tersebut, calon ibu negara ini juga mengunjungi berbagai lokasi lain di Solo dengan pengawalan ketat.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG