Tautan-tautan Akses

Iran Tuduh Kepala IAEA Tidak Obyektif

  • Ridi Djajakusuma

Salehi, hari Selasa mengatakan kepala IAEA Yukiya Amano tidak obyektif dan Iran berharap Amano "akan mengubah pendekatannya."

Pejabat tinggi nuklir Iran menuduh kepala Badan Tenaga Nuklir PBB (IAEA) yang baru memihak, menentang Iran karena mengatakan badan itu tidak bisa mengkonfirmasi program nuklir Iran benar-benar untuk tujuan damai.

Pejabat tersebut, Ali Akbar Salehi, hari Selasa mengatakan kepala IAEA Yukiya Amano tidak obyektif dan Iran berharap Amano "akan mengubah pendekatannya."

Amano mengatakan kepada dewan gubernur IAEA di Wina, hari Senin bahwa ia tidak bisa mengkonfirmasi seluruh aktivitas nuklir Iran untuk tujuan damai, karena Iran belum bekerja sama dengan IAEA sebagaimana mestinya.

Bulan lalu, Amano mengeluarkan sebuah laporan yang memperingatkan bahwa Iran mungkin berusaha membuat sebuah bom nuklir, seperti yang diduga negara-negara barat. Iran mengatakan program nuklirnya bertujuan damai untuk menghasilkan bahan bakar bagi riset sains dan listrik.

Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki sebelumnya mengatakan Iran sudah bekerja sama penuh dengan IAEA dan akan terus melakukannya.

XS
SM
MD
LG