Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: Amerika Rekayasa Tuduhan Rencana Pembunuhan Dubes Saudi


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan Amerika Serikat merekayasa tuduhan rencana pembunuhan Dubes Arab Saudi di Washington DC (foto:dok).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan Amerika Serikat merekayasa tuduhan rencana pembunuhan Dubes Arab Saudi di Washington DC (foto:dok).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan Amerika Serikat merekayasa tuduhan rencana pembunuhan dubes Arab Saudi di Amerika Serikat untuk menimbulkan perselisihan antara Teheran dan Arab Saudi.

Dalam wawancara dengan televisi Al Jazeera Senin malam, Ahmadinejad mengatakan Amerika tidak akan mencapai apapun dengan menuduh Iran, dan mengatakan tuduhan tersebut juga dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian dari masalah ekonomi Amerika Serikat.

Presiden Iran membantah bahwa hubungan Iran dan Washington mengarah pada sengketa militer, namun ia mengutuk apa yang disebutnya campur-tangan Amerika yang meluas dalam masalah kawasan.

Sebelumnya hari Senin, kantor berita pemerintah IRNA mengatakan Menteri Luar Negeri Iran Ali-Akbar Salehi telah mendesak Amerika Serikat agar menunjukkan kepada Iran setiap dokumen yang ada mengenai kasus tersebut.

Iran telah membantah tuduhan itu, dan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei mengatakan hari Minggu bahwa pemerintahnya akan menindak tegas setiap tindakan politik yang tidak wajar atau berhubungan dengan keamanan oleh Amerika Serikat.

Sebagaimana komentar Ahmadinejad, pemimpin tertinggi Iran itu juga mengatakan tuduhan Amerika itu adalah usaha untuk mengalihkan perhatian dari masalah dalam-negeri.

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan hari Senin ia telah menerima surat mengenai tuduhan rencana pembunuhan dari Iran, Amerika dan Arab Saudi. Ia mengatakan ia telah meneruskan surat-surat tersebut kepada Dewan Keamanan.

XS
SM
MD
LG