Tautan-tautan Akses

Iran Tolak Sanksi Baru Amerika terhadap Pemerintah dan Bank Sentralnya


Jurubicara Kementrian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast (Foto: dok).

Jurubicara Kementrian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast (Foto: dok).

Iran telah menolak sanksi baru Amerika yang ditujukan pada pemerintah dan bank sentralnya, dan menyebut tindakan tersebut perang psikologis.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ramin Mehmanparast mengatakan hari Selasa Iran tidak memiliki transaksi keuangan dengan Amerika Serikat dan bahwa sanksi-sanksi tersebut tidak akan berpengaruh.

Pernyataannya dikeluarkan sehari setelah Presiden Amerika Barack Obama mengeluarkan instruksi presiden yang memberi bank-bank Amerika wewenang baru untuk membekukan aset-aset pemerintah Iran.

Obama menyebut praktek-praktek yang memperdayakan oleh bank-bank Iran untuk menyembunyikan transaksi dan juga resiko yang terus berlanjut dan tidak dapat diterima yang dihadapi oleh sistem keuangan global akibat aktivitas Iran.

Amerika Serikat dan Uni Eropa telah memperketat sanksi ekonomi terhadap bank sentral Iran dan industri minyak Iran dalam beberapa minggu belakangan ini untuk menekan Teheran agar menghentikan pengayaan uranium, proses yang memiliki aplikasi militer dan sipil.

Iran mengatakan program nuklirnya untuk tujuan sipil.

XS
SM
MD
LG