Tautan-tautan Akses

Iran Terbangkan Pesawat Tak Berawak di atas Kapal Induk AS


Iran merilis foto kapal induk Amerika yang berada di Teluk Persia, USS Harry S. Truman (foto: dok).

Iran merilis foto kapal induk Amerika yang berada di Teluk Persia, USS Harry S. Truman (foto: dok).

Iran mengatakan hari Jumat (29/1) bahwa mereka telah berhasil menerbangkan sebuah pesawat tak berawak untuk melakukan 'pengintaian' di atas kapal induk AS.

Iran mengatakan bahwa mereka telah berhasil menerbangkan sebuah pesawat tak berawak di atas kapal induk AS, dan secara "jitu" mengambil foto selama latihan angkatan laut di Teluk Persia, menurut media pemerintah Iran.

Televisi pemerintah Iran dan kantor berita setengah-resmi 'Fars' menerbitkan gambar yang identik hari Jumat (29/1), bahwa keduanya mengatakan, gambar itu berasal dari pesawat tak berawak. Gambar menunjukkan sebuah kapal induk yang tidak disebutkan namanya.

Laporan Iran mengatakan rekaman itu dari Jumat. Namun juru bicara Angkatan Laut AS, Panglima Kevin Stephens mengatakan, sebuah pesawat tanpa awak Iran terbang di dekat kapal induk Perancis, Charles de Gaulle dan "langsung di atas”' kapal induk Amerika, USS Harry S. Truman pada 12 Januari, ketika kapal berlayar di perairan internasional di Teluk Persia.

Kepala Angkatan Laut Iran, Laksamana Habibollah Sayyari mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa manuver itu adalah tanda dari "keberanian, pengalaman dan kemampuan ilmiah pengendali pesawat tak berawak kami."

Jika pemaparan waktu AS benar, perjalanan pesawat tak berawak itu berlangsung pada hari yang sama ketika Iran menahan 10 pelaut Amerika yang kapalnya tersesat ke perairan Iran. Para pelaut itu dibebaskan pada hari berikutnya. [ps/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG