Tautan-tautan Akses

AS

Iran Tantang Penolakan Visa AS untuk Dubes di PBB


Hamid Abutalebi, Duta Besar Iran yang baru untuk PBB.

Hamid Abutalebi, Duta Besar Iran yang baru untuk PBB.

Iran mengatakan keputusan AS tidak mengeluarkan visa bagi duta besar Iran di PBB memiliki “makna buruk” dalam diplomasi dan menciptakan preseden berbahaya.

Iran meminta kepada sebuah Komisi PBB agar mengadakan rapat khusus mengenai penolakan Amerika Serikat untuk mengeluarkan visa bagi pilihan Iran untuk menjadi duta besarnya di PBB.

Para pejabat Amerika menentang pilihan Iran, Hamid Abutalebi, karena tuduhan keterlibatannya dalam pendudukan Kedutaan Besar AS di Teheran pada 1979. Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan pekan lalu pilihan tersebut “tidak layak.”

Dalam sepucuk surat Senin (14/4), misi Iran di PBB mengatakan bahwa keputusan itu mempunyai “makna buruk” dalam diplomasi dan menciptakan preseden berbahaya. Surat tersebut mengatakan penolakan visa bagi satu negara anggota PBB bertentangan dengan piagam PBB dan hukum internasional.

Iran menghendaki Komisi PBB mengenai Hubungan dengan Negara Tuan Rumah untuk segera mengatasi masalah tersebut.

Komisi tersebut dipimpin Siprus, dan duta besarnya di PBB, Nicolas Emiliou, seperti dikutip kantor berita Reuters mengatakan Senin bahwa rapat kemungkinan akan diadakan pekan depan.
XS
SM
MD
LG