Tautan-tautan Akses

Iran Tangkap 15 Orang dalam Peringatan ‘Hari Pelajar’


Para mahasiswa di Universitas Politeknik Teheran mengadakan perayaan tahunan 'Hari Pelajar'.

Para mahasiswa di Universitas Politeknik Teheran mengadakan perayaan tahunan 'Hari Pelajar'.

Oposisi Iran mengatakan seribu lebih pelajar telah ambil bagian dalam beberapa protes anti pemerintah di Teheran minggu ini.

Situ-situs hak asasi manusia dan oposisi di Iran menyatakan lebih dari seribu pelajar telah ambil bagian dalam beberapa protes anti pemerintah minggu ini.

Situs oposisi Kaleme menyatakan pihak berwenang Iran menangkap sekitar 15 pelajar yang berdemo di Universitas Politeknik Teheran pada hari Selasa. Menurut laporan, lima dari 15 orang yang ditangkap tersebut saat ini masih ditahan.

Para pengunjuk rasa ikut dalam upacara memperingati “Hari Pelajar,” acara tahunan untuk mengenang kematian 3 pelajar Iran yang dibunuh pasukan keamanan dalam protes anti Amerika pada tahun 1953.

Tahun lalu, para demonstran mengubah pertemuan resmi Hari Pelajar menjadi aksi menentang pemilihan kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang disengketakan. Pihak berwenang menangkap beberapa aktifis oposisi.

Pada hari Rabu, seorang jaksa di Tehran mengukuhkan penahanan 4 jurnalis dari Sharq, surat kabar reformis yang terkemuka. Penangkapan itu terjadi hari Selasa, hari yang sama surat kabar itu menerbitkan sebuah artikel tentang gerakan pelajar Iran yang menyertakan wawancara dengan para pengecam pemerintah.

XS
SM
MD
LG