Tautan-tautan Akses

Iran Tangkap 100 Tersangka Penyerang Kedubes dan Konsulat Saudi


Unjuk rasa menentang eksekusi ulama terkemuka Syiah Sheikh Nimr al-Nimr di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran 3 Januari 2016.

Unjuk rasa menentang eksekusi ulama terkemuka Syiah Sheikh Nimr al-Nimr di depan Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran 3 Januari 2016.

Seorang juru bicara kehakiman Iran mengatakan hari Minggu (24/1) bahwa kira-kira 100 orang telah ditangkap sejak awal Januari sehubungan dengan serangan terhadap kedutaan Saudi di Iran.

Pemrotes membakar kedutaan Saudi di Teheran dan satu konsulat di kota Mashhad tanggal 2 Januari setelah eksekusi seorang ulama terkemuka Syiah di Arab Saudi. Seorang anggota minoritas Syiah di kerajaan itu, Sheikh Nimr al-Nimr dituduh membangkang dan makar, dan dijatuhi hukuman mati tahun 2014 setelah memimpin protes anti-pemerintah.

Demonstrasi kekerasan di Iran itu mendorong Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatic dengan saingannya yang sudah lama itu.

Jumlah terbaru orang yang ditangkap melebihi jumlah yang diumumkan sebelumnya yang menyebut 44 orang ditahan yang berhubungan dengan serangan tersebut.

Seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri pekan lalu mengatakan tersangka utama dalam protes kedutaan itu ditangkap di luar negeri dan diekstradisi ke Iran, menurut media Iran. [gp]

XS
SM
MD
LG