Tautan-tautan Akses

Iran Sambut Baik Penyelamatan Warga Iran oleh Kapal AL Amerika


Para awak kapal perusak Angkatan Laut AS USS Kidd menyalami nelayan Iran di kapal Al Molai, setelah membebaskan mereka dari perompak Somalia (7/1).

Para awak kapal perusak Angkatan Laut AS USS Kidd menyalami nelayan Iran di kapal Al Molai, setelah membebaskan mereka dari perompak Somalia (7/1).

Iran menyambut baik usaha penyelamatan oleh Angkatan Laut Amerika terhadap 13 warga Iran yang disandera oleh perompak di Laut Arab.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Ramin Mehmanparast menyebut usaha penyelamatan itu tindakan kemanusiaan, dalam pernyataannya kepada badan penyiaran pemerintah Iran, Al Alam.

Tetapi Kantor Berita setengah resmi Iran FARS menepiskan usaha penyelamatan tersebut sebagai dramatisasi Hollywood tentang insiden rutin.

Penyelamatan itu dilakukan hari Kamis, oleh kapal perusak Angkatan Laut Amerika yang mengawal kapal induk USS John C. Stennis, beberapa hari setelah Iran memperingatkan kapal-kapal perang Amerika agar jangan kembali ke Teluk Persia.

Angkatan Laut Amerika hari Jumat mengatakan personel militer dari kapal perusak USS Kids naik ke kapal nelayan Iran, Al Molai, dan menangkap 15 bajak laut yang menyandera warga Iran.

Angkatan Laut Amerika mengatakan, telah melihat perahu-perahu perompak di sisi kapal nelayan Iran Al Molai hari Kamis setelah menerima panggilan permintaan bantuan dari kapal Iran itu. Kapal Iran tersebut telah dikuasai perompak selama lebih dari sebulan.

XS
SM
MD
LG