Tautan-tautan Akses

Iran Peringati Pendudukan Kedutaan Amerika Tahun 1979


Peserta demo di depan bekas Kedubes AS di Teheran membakar bendera Amerika, Jumat (4/11) dalam aksi protes tahunan memperingati pendudukan Kedubes AS di tahun 1979.

Peserta demo di depan bekas Kedubes AS di Teheran membakar bendera Amerika, Jumat (4/11) dalam aksi protes tahunan memperingati pendudukan Kedubes AS di tahun 1979.

Demonstran menggunakan protes tahunan ini untuk menunjukkan rasa solidaritas dengan revolusi 'Arab Spring' dan gerakan 'Occupy Wall Street.'

Sekelompok warga Iran meneriakkan slogan-slogan anti Amerika, Jumat (4/11), dalam demonstrasi massal memperingati 32 tahun pendudukan kedutaan Amerika tahun 1979.

Sebagian demonstran berkumpul di Teheran di bekas lokasi kedutaan tersebut, yang kini mereka sebut sebagai sarang mata-mata.

Kantor berita nasional Iran mengatakan sebagian demonstran menggunakan demonstrasi tahunan ini untuk menunjukkan rasa solidaritas dengan pemberontakan revolusi "Arab Spring," yang telah menyebar ke seluruh Timur Tengah dan Afrika Utara. Juga, sebagian peserta demonstrasi menyuarakan dukungan pada gerakan "Occupy Wall Street" di Amerika Serikat.

Pada tahun 1979, mahasiswa Iran menyerbu kompleks Kedutaan Besar Amerika. Mereka menyandera 52 warga Amerika selama lebih setahun untuk memrotes kebijakan Amerika. Insiden itu mengakibatkan Washington memutuskan hubungan diplomatik dengan Teheran.

Ketegangan meningkat antara kedua negara setelah Amerika mengumumkan rencana Iran berencana membunuh Duta Besar Saudi bagi Amerika Serikat, Adel al-Jubeir. Iran membantah tuduhan tersebut dan permintaan maaf dari Amerika.

XS
SM
MD
LG