Tautan-tautan Akses

Iran: Penolakan Uni Eropa Tak Ganggu Perundingan di Istanbul


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast

Jubir Deplu Iran mengatakan Selasa, perundingan di Turki akhir bulan ini terpisah dari undangan Iran untuk mengunjungi lokasi-lokasi nuklirnya.

Iran mengatakan tidak akan membiarkan penolakan Uni Eropa atas undangan tur Iran untuk meninjau fasilitas atomnya berdampak pada perundingan mendatang dengan negara-negara besar terkait program nuklirnya.

Juru bicara kementrian luar negeri Iran Ramin Mehmanparast hari Selasa mengatakan perundingan yang akan diadakan di Turki akhir bulan ini “benar-benar terpisah” dari undangan Iran untuk mengunjungi lokasi-lokasi nuklirnya.

Lima anggota Dewan Keamanan PBB, Inggris, Tiongkok, Perancis, Russia dan Amerika ditambah Jerman berharap perundingan yang dijadwalkan di Istanbul 21-22 Januari itu, akan membahas kekhawatiran mereka bahwa Iran akan membuat senjata nuklir.

Kepala urusan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton akan berkunjung ke Turki minggu ini untuk mempersiapkan perundingan.

Iran, mengatakan program nuklirnya bertujuan damai dan mengundang diplomat-diplomat asing untuk mengunjungi lokasi nuklirnya seminggu sebelum perundingan Istanbul itu.

Wakil menteri Luar negeri Russia Sergei Ryabkov hari Selasa mengatakan Russia sedang mempertimbangkan undangan Iran namun punya sejumlah pertanyaan terkait tawaran itu dan sedang membahasnya dengan pihak Iran sebelum membuat keputusan. Ia mengindikasikan Russia hanya akan setuju pada usulan peninjauan itu jika hal itu membantu mengurangi keprihatinan internasional mengenai ambisi nuklir Iran.

XS
SM
MD
LG