Tautan-tautan Akses

Iran, Negara Utama Dunia Akhiri Perundingan Nuklir Hari Pertama


Perundingan Iran Saeed Jalili (kiri) dan Kepala Kebijakan Luar Negeri UE, Catherine Ashton di Jenewa, Senin 6 Desember 2010.

Perundingan Iran Saeed Jalili (kiri) dan Kepala Kebijakan Luar Negeri UE, Catherine Ashton di Jenewa, Senin 6 Desember 2010.

Hari terakhir pembicaraan program nuklir Teheran yang kontroversial di Jenewa itu akan berlangsung hari Selasa.

Hari pertama perundingan berakhir antara utusan nuklir Iran dan para diplomat senior dari negara-negara kekuatan utama dunia di Jenewa.

Hari terakhir pembicaraan sehubungan program nuklir Teheran yang kontroversial itu akan berlangsung Selasa. Tak ada kemajuan yang dilaporkan pada Senin.

Pembicaraan dua hari itu merupakan pertama kali para perunding bertemu dalam kurun waktu lebih dari setahun. Harapannya rendah untuk putaran ini, dan para pakar mengatakan satu-satunya harapan adalah bahwa pertemuan ini akan membuahkan lebih banyak pembicaraan di masa depan.

Perunding nuklir teras Iran Saeed Jalili bertemu dengan Catherine Ashton dari Uni Eropa bersama para diplomat senior dari Amerika, Rusia, Tiongkok, Inggris, Perancis dan Jerman.

Media Iran mengatakan Jalili memulai pembicaraan dengan mengajukan protes keras atas pembunuhan minggu lalu dari seorang ilmuwan nuklir Iran yang senior. Secara terpisah di Yunani, Menteri Luar Negeri Iran, Manouchehr Mottaki mengatakan ia berharap pembicaraan akan diteruskan “secara konstruktif” dan mencapai hasil yang positif.

XS
SM
MD
LG