Tautan-tautan Akses

Iran Mulai Proses Peradilan atas 3 Pejalan Kaki Asal AS


Tiga tersangka asal AS yang akan diadili di Iran, dari kiri ke kanan, Shane Bauer,Josh Fattal, dan Sarah Shourd.

Tiga tersangka asal AS yang akan diadili di Iran, dari kiri ke kanan, Shane Bauer,Josh Fattal, dan Sarah Shourd.

Sarah Shourd, Shane Bauer dan Josh Fattal ditahan pada bulan Juli 2009 setelah menyeberang ke Iran dari wilayah Kurdi di Irak utara.

Persidangan tiga warga Amerika yang ditahan di Iran atas tuduhan melanggar perbatasan dan mata-mata diperkirakan akan dimulai pada hari Minggu di Iran.

Sarah Shourd, bersama tunangannya Shane Bauer, dan teman mereka Josh Fattal ditahan pada bulan Juli 2009 setelah menyeberang ke Iran dari wilayah Kurdi di Irak utara, ketika mereka melakukan pendakian. Ketiganya mengatakan mereka tidak menyadari mereka menyeberangi perbatasan di daerah pegunungan terpencil.

Sarah Shourd dibebaskan dengan uang jaminan 500.000 dolar pada bulan September 2010. Seorang juru bicara pemerintah Iran mengatakan Shourd telah dipanggil kembali ke Iran untuk diadili. Pengacara mereka mengatakan tidak tahu apakah Sarah akan hadir. Ia bisa diadili walaupun tidak hadir.

Seorang pengacara untuk ketiga tertuduh, Masoud Syafii, pada hari Sabtu mengatakan ia belum dipersilahkan untuk menghubungi langsung Fattal dan Bauer untuk mempersiapkan persidangan.

Ia mengatakan ia telah diberitahu kemungkinan bisa bertemu mereka satu atau dua jam sebelum persidangan. Ia mengatakan kliennya tidak bersalah karena tidak terdapat tanda-tanda yang memberitahu mereka bahwa mereka telah menyentuh perbatasan dengan Iran.

Amerika berulang kali menyerukan pembebasan kedua warganya. Para terdakwa bisa dikenai hukuman hingga tiga tahun penjara atas tuduhan masuk ke Iran secara gelap.

XS
SM
MD
LG