Tautan-tautan Akses

Iran Luncurkan Sentrifugal Lebih Kuat


Presiden Ahmadinejad resmi meluncurkan sentrifugal generasi baru yang digunakan untuk memperkaya uranium.

Hari Jumat, Presiden Iran meluncurkan sentrifugal generasi baru yang digunakan untuk memperkaya uranium, tanpa menghiraukan peringatan internasional agar tidak melanjutkan program nuklirnya yang sensitif.

Ahmadinejad memperagakan salah satu mesin baru buatan dalam negeri itu hari Jumat, dengan mengatakan upaya internasional untuk menekan Iran mengenai program nuklirnya akan dihadapi dengan perlawanan yang bahkan lebih besar lagi. Pengumuman itu memperingati Hari Nuklir Nasional Iran.

Juga hari Jumat, Presiden Amerika Barack Obama mengatakan tidak ada jaminan sanksi-sanksi baru PBB akan bisa membujuk Iran mengubah sikap. Namun, ia menambahkan, dengan "tekanan internasional yang konsisten dan mantap", Iran mungkin kelak menyadari mengupayakan senjata nuklir tidak sepadan dengan akibat yang harus ditanggung.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi ABC, Presiden Obama mengatakan Iran "tidak bodoh" dan selalu mencermati apa yang terjadi dalam komunitas internasional.

Hari Kamis, enam negara berpengaruh di dunia memulai negosiasi mengenai kemungkinan pemberlakuan sanksi tahap baru Dewan Keamanan PBB terhadap Teheran terkait kegiatan nuklirnya.

XS
SM
MD
LG