Tautan-tautan Akses

Iran Kritik Sanksi Terbaru Uni Eropa


Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast menilai sanksi-sanksi baru Uni Eropa 'tidak manusiawi' (foto: dok).

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast menilai sanksi-sanksi baru Uni Eropa 'tidak manusiawi' (foto: dok).

Iran mengritik sanksi putaran terbaru yang diumumkan Uni Eropa terhadap industri Iran, untuk menekan negara itu agar menghentikan program nuklirnya.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast hari Selasa menilai, sanksi-sanksi baru yang diberlakukan Uni Eropa itu "tidak manusiawi" dan tidak akan memengaruhi pekerjaan nuklir Iran.

Langkah Uni Eropa yang diumumkan hari Senin itu melarang transaksi keuangan dengan bank-bank Iran kecuali transfer yang terkait barang-barang kemanusiaan dan disetujui sebelumnya.

Langkah itu juga mencakup pembatasan lebih ketat terhadap bisnis dengan bank sentral Iran, larangan mengimpor gas alam Iran, dan larangan pengiriman grafit dan logam yang bisa digunakan Iran untuk program senjatanya.

Pernyataan Uni Eropa menyebutkan sanksi-sanksi itu menanggapi apa yang disebut blok 27 negara itu sebagai "pelanggaran mencolok" Iran atas kewajiban internasional dan penolakannya untuk bekerja sama dengan badan nuklir PBB.
XS
SM
MD
LG