Tautan-tautan Akses

Iran Klaim Sukses Uji Coba Misil Balistik


Iran melakukan uji coba misil balistik dari darat ke darat, yang diperkirakan mampu menjangkau wilayah Israel, dari sebuah lokasi rahasia (3/7).

Iran melakukan uji coba misil balistik dari darat ke darat, yang diperkirakan mampu menjangkau wilayah Israel, dari sebuah lokasi rahasia (3/7).

Teheran mengatakan, uji coba ini dilakukan dalam menanggapi ancaman militer terhadap Iran lantaran kecurigaan atas program senjata nuklirnya.

Iran mengatakan mereka telah sukses menguji coba misil balistik jarak menengah yang mampu menghantam Israel.

Media resmi Iran hari Selasa mengutip penjabat tinggi Garda Revolusi yang mengatakan uji coba itu mencakup misil Shabab 3 yang bisa mencapai jarak sejauh 1.300 kilometer. Misil Shabab 1dan 2 berjarak dekat dan jenis-jenis misil lainnya juga di uji coba dalam dua hari terakhir.

Wakil komandan IRGC Hossein Salami mengatakan latihan itu merupakan tanggapan langsung terhadap musuh-musuh Iran yang berbicara tentang “aksi militer termasuk dalam pilihan” yang mungkin bisa dilakukan.

Pihak barat curiga Iran ingin membuat senjata nuklir dan Israel telah mengisyaratkan akan melakukan serangan jika upaya-upaya diplomatik dan sanksi-sanksi gagal untuk melenyapkan apa yang dilihatnya sebagai ancaman langsung. Hari Minggu embargo minyak Uni Eropa untuk menekan Iran terkait program nuklirnya diberlakukan.

Sementara itu harian New York Times melaporkan bahwa Amerika telah memindahkan “bala bantuan militer secara signifikan” ke Teluk Persia untuk menangkal upaya Iran menutup Semenanjung Hormuz dan meningkatkan jumlah jet tempur di kawasan itu jika krisis mengenai program nuklir Iran berlanjut.

35 persen minyak dunia yang diangkut dengan kapal laut kini melewati semenanjung itu.

Juru bicara Pentagon, Kapten Angkatan Laut John Kirby hari Selasa mengatakan Amerika menempatkan delapan kapal penyapu ranjau di Teluk itu yang menurutnya “bertambah dari beberapa bulan lalu” Ia mengakui kapal tempur USS Ponce kini berada di Teluk tapi tidak membesar-besarkan penegasan bahwa kehadiran aset-aset tambahan di sana merupakan sebuah pesan untuk Iran. Ia mengatakan tidak melihat apapun yang menunjukkan aktivitas berbeda dari pihak Iran di kawasan itu.
XS
SM
MD
LG