Tautan-tautan Akses

Iran Didesak Bebaskan 4 Wartawan


Wartawan harian Washington Post di Teheran, Jason Rezaian dan isterinya ditahan di Teheran (foto: dok).

Wartawan harian Washington Post di Teheran, Jason Rezaian dan isterinya ditahan di Teheran (foto: dok).

Pemerintah AS dan organisasi HAM Human Rights Watch mengatakan hari Selasa (29/7) bahwa Iran harus segera membebaskan 3 wartawan AS dan 1 wartawan Iran yang ditahan.

Organisasi-organisasi hak azasi dan Departemen Luar Negeri Amerika terus menyerukan kepada Iran agar membebaskan 4 orang yang ditangkap pekan lalu, termasuk wartawan harian Washington Post di Teheran Jason Rezaian dan dua wartawan lain.

Human Rights Watch mengatakan hari Selasa (29/7) bahwa Iran harus membiarkan mereka pergi segera, kecuali kalau pemerintah berencana mengenakan tuduhan yang dapat diakui internasional dan menjamin peradilan yang adil bagi mereka.

Rezaian mempunyai dua kewarga-negaraan, yakni, Amerika dan Iran. Isterinya, Yaganeh Salehi, adalah warga Iran yang juga wartawan suratkabar yang berbasis di Uni Emirat Arab, sementara dua orang lain yang ditangkap adalah warga Amerika.

Juru bicara Departemen Luar negeri Amerika Jen Psaki mengatakan kepada wartawan hari Senin bahwa Amerika Serikat prihatin mengenai keadaan itu dan Iran sebaiknya membebaskan mereka segera.

Wartawan Tanpa Tapal-Batas yang berbasis di Paris menonjolkan kasus itu dalam pembicaraan mengenai 65 wartawan yang saat ini dipenjarakan di Iran, termasuk 10 wanita, dengan mengatakan Iran memenjarakan wartawan wanita yang terbanyak di dunia.

XS
SM
MD
LG