Tautan-tautan Akses

AS

Iran dan AS Berseteru Soal Penghapusan Sanksi Nuklir


 Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif berbincang di sela-sela pertemuan soal nuklir di Wina, Januari 2016. (Reuters/Kevin Lamarque)

Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif berbincang di sela-sela pertemuan soal nuklir di Wina, Januari 2016. (Reuters/Kevin Lamarque)

Pejabat Iran mengeluh bahwa negara mereka tidak memperoleh penghapusan sanksi sebagaimana diperinci dalam Rencana Tindakan Menyeluruh Gabungan (JCPOA).

Keprihatinan Iran soal tidak adanya penghapusan sanksi dan kemunduran pembicaraan politik seputar Suriah akan jadi fokus pada perundingan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan mitranya dari Iran, Mohamad Javad Zarif.

Kerry dan Zarif akan bertemu di New York, sebelum Kerry melakukan lawatan ke Mesir dan Arab Saudi.

Pejabat Iran mengeluh bahwa negara mereka tidak memperoleh penghapusan sanksi sebagaimana diperinci dalam Rencana Tindakan Menyeluruh Gabungan (JCPOA), persetujuan nuklir bersejarah yang dilaksanakan pada Januari.

Pertemuan Kerry dan Zarif berlangsung pada saat proses yang difasilitasi PBB bagi peralihan politik di Suriah kelihatan menunjukkan tanda-tanda kegagalan.

Pihak oposisi Suriah mengumumkan telah menunda penyertaannya dalam pembicaraan politik, karena katanya ada pelanggaran genjatan senjata oleh pemerintah Suriah.

Kedua belah pihak telah melakukan pembicaraan tidak langsung di Jenewa.

Iran mendukung pemerintah Suriah sementara Amerika mendukung pihak oposisi yang moderat. Tetapi Teheran dan Washington ikut ambil bagian dalam Kelompok Pendukung Suriah, yang mendukung proses bagi peralihan politik. [jm]

XS
SM
MD
LG