Tautan-tautan Akses

Iran dan 6 Negara Kuat Dunia Lanjutkan Perundingan di Jenewa


Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif dalam konferensi pers mengenai kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton, Jenewa (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif dalam konferensi pers mengenai kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton, Jenewa (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri dan pimpinan perunding nuklir Iran Javad Zarif mengatakan ada kemungkinan yang kuat untuk mencapai persetujuan.

Para perunding dari Iran dan sekelompok enam negara kuat dunia bertemu lagi di Jenewa, Rabu (20/11), dalam usaha untuk meneruskan pembicaraan mereka dua minggu lalu dan mencapai kesepakatan dalam pertentangan yang telah berlangsung 10 tahun itu atas program nuklir Iran.

Pemimpin agung Iran mengatakan Teheran tidak akan melepaskan hak-hak nuklirnya, sementara para perunding dari negaranya dan kelompok enam negara kuat dunia bertemu kembali, Rabu, di Jenewa.

Berbicara menjelang putaran terbaru pembicaraan mengenai program nuklir Iran, Ayatollah Ali Khameni mengatakan, ia telah menetapkan garis merah bagi para perundingnya, namun juga mengatakan, Iran ingin bersahabat dengan semua negara, termasuk Amerika.

Kelima anggota tetap Dewan Keamanan PBB, serta Jerman, menghendaki persetujuan sementara yang mengharuskan Iran menghentikan sebagian kagiatan pengolahan uraniumnya dan menerima lebih banyak inspeksi sebagai imbalan pengurangan terbatas sanksi. Kedua pihak mengutarakan harapan untuk mencapai kesepakatan sebelum pertemuan itu.

Menteri Luar Negeri dan pimpinan perunding nuklir Iran Javad Zarif mengatakan dalam video yang dimuat dalam YouTube bahwa ada kemungkinan yang kuat untuk mencapai persetujuan.

Kantor Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan ia dan Presiden Iran Hassan Rouhani sependapat dalam pembicaraan telepon Selasa bahwa “kemajuan signifikan” telah dicapai dalam pembicaraan babak terakhir sebelumnya bulan ini.
XS
SM
MD
LG