Tautan-tautan Akses

Iran dan 6 Negara Kuat Dunia Capai Kesepakatan Nuklir


Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius (kanan) bersama mitranya dari Iran Jawad Zarif di Paris (5/11). (AP/Benjamin Girette)

Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius (kanan) bersama mitranya dari Iran Jawad Zarif di Paris (5/11). (AP/Benjamin Girette)

Perjanjian itu dicapai sebagai langkah awal untuk mengekang program nuklir Iran dan melonggarkan sanksi-sanksi ekonomi.

Menteri Luar Negeri Perancis mengatakan Iran dan enam negara kuat di dunia telah mencapai kesepakatan tahap pertama untuk mengekang program nuklir Iran dengan imbalan pelonggaran sanksi.

Laurent Fabius mengumumkan hal itu tanpa merincikan lebih lanjut Minggu pagi (24/11) di Jenewa, pada hari kelima perundingan.

Lewat Twitter, Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif dan juru bicara Eropa Michael Mann, mengatakan bahwa perjanjian itu dicapai sebagai langkah awal untuk mengekang program nuklir Iran dan melonggarkan sanksi-sanksi ekonomi.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry bergabung dengan mitranya dari Rusia, Inggris, Prancis, Tiongkok dan Jerman di Jenewa Sabtu dalam upaya untuk mendorong Teheran membatasi program pengayaan uraniumnya. Kerry bertemu secara terpisah dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di sela-sela pertemuan itu.
XS
SM
MD
LG