Tautan-tautan Akses

Iran Bisa Kembali Lanjutkan Program Nuklirnya


Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, kiri, menyampaikan sebuah pernyataan bersama Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Lausanne, Swiss, 2 April 2015.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, kiri, menyampaikan sebuah pernyataan bersama Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Lausanne, Swiss, 2 April 2015.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, hari Sabtu (4/4) di televisi pemerintah Iran, mengatakan Iran dapat kembali melanjutkan program nuklir pada tingkat saat ini apabila Barat menarik diri dari kesepakatan nuklir yang dijadwalkan dirangkumkan pada bulan Juni.

Zarif juga mengatakan Iran memberitahu Menteri Luar Negeri AS John Kerry dalam perundingan di Lausanne minggu lalu untuk tidak menggunakan kata-kata "pencabutan" dan "penangguhan" ketika mengacu pada penghentian sanksi-sanksi terhadap Iran setelah negara itu mematuhi kesepakatan. Zarif mengatakan kata-kata itu membingungkan dan kesepakatan itu kini menyatakan semua sanksi akan dihentikan.

Zarif mengatakan ketika Badan Energi Atom Internasional menegaskan Iran mematuhi kesepakatan nuklir, Amerika harus mengakhiri semua sanksi ekonomi dan keuangan terhadap Iran.

Presiden AS Barack Obama mengatakan kerangka kesepakatan nuklir yang dicapai dengan Iran adalah "bagus" dan dicapai melalui "diplomasi gigih dan tekun."

Dalam pidato mingguannya hari Sabtu (4/4), Obama mengatakan Iran sepakat untuk "tidak menimbun" bahan baku yang dibutuhkan guna membangun sebuah senjata. Presiden mencatat "inspektur-inspektur internasional akan memiliki akses yang belum pernah ada sebelumnya terhadap program nuklir Iran, karena Iran akan menghadapi lebih banyak pemeriksaan dari negara-negara lain. Jika Iran berbohong, dunia akan tahu, kesepakatan ini tidak didasarkan pada kepercayaan, hal ini didasarkan pada pemeriksaan yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Presiden Obama.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan kerangka kerja kesepakatan yang dicapai dengan negara-negara besar dunia akan melindungi hak-hak program nuklir Iran dan keringanan dari sanksi-sanksi internasional.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG