Tautan-tautan Akses

Iran Bantah Tuduhan AS Lindungi Penyandang Dana al-Qaida


Jurubicara Kementerian LN Iran, Ramin Mehmanparast, mengecam tuduhan AS mengaitkan Iran dengan al-Qaida (foto: dok).

Jurubicara Kementerian LN Iran, Ramin Mehmanparast, mengecam tuduhan AS mengaitkan Iran dengan al-Qaida (foto: dok).

Jubir Kemlu Iran, Ramin Mehmanparast menuduh Amerika merekayasa 'skenario amatiran' tentang hubungan Iran dengan al-Qaida.

Pemerintah Iran hari minggu membantah tuduhan Amerika bahwa Iran melindungi seorang penyandang dana al-Qaida yang dicurigai membantu teroris yang berpangkalan di Afghanistan dan Pakistan dengan uang dan fasilitas lainnya.

Amerika mengumumkan hadiah 10 juta dolar hari Kamis bagi barangsiapa yang bisa memberi informasi untuk menangkap tersangka al-Qaida itu, Yasin al-Suri, kelahiran Suriah yang juga dikenal dengan nama Ezedin Abdel Aziz Khalil.

Kata pernyataan departemen luar negeri Amerika, al-Suri telah beroperasi di Iran sejak tahun 2005 sesuai perjanjian antara al-Qaida dan pemerintah Iran.

Jurubicara Kementerian LN Iran, Ramin Mehmanparast mengatakan, tuduhan itu sama sekali tidak berdasar. Ia juga menolak keputusan pengadilan New York tanggal 22 Desember lalu, yang mengatakan Iran bisa dituduh membantu al-Qaida melancarkan serangan 11 September di Amerika. Keluarga para korban 11 September itu menuntut ganti rugi dari pemerintah Iran.

Mehmanparast menuduh Amerika merekayasa berbagai “skenario amatiran” tentang hubungan Iran dengan al-Qaida. Ia menyerukan pada masyarakat internasional untuk menyatakan “keprihatinan mendalam” pada Amerika atas apa yang disebutnya “tingkah laku yang tidak bertanggung-jawab.” Iran sejak lama telah membantah melindungi anggota al-Qaida atau punya hubungan apapun dengan serangan 11 September di Amerika.

XS
SM
MD
LG