Tautan-tautan Akses

Iran Bantah Tudingan AS Soal Persenjatai Pemberontak di Irak


Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast menggambarkan tudingan AS itu sebagai kebohongan besar.

Iran membantah pernyataan Amerika bahwa Teheran sedang mempersenjatai para pemberontak yang berperan dalam serangan –serangan terhadap tentara Amerika di Irak.

Media pemerintah Iran Rabu mengutip Menteri Urusan Intelijen Heidar Moslehi yang mengatakan bahwa tudingan itu tidak berdasar. Laporan media itu juga mengatakan, jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast menggambarkan tudingan itu sebagai kebohongan besar.

Senin lalu, Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengatakan pasukan Amerika di Irak akan memerangi para militan Syiah yang dipersenjatai Iran dan dituding bertanggungjawab atas munculnya gelombang serangan di Irak.

Juni lalu, serangan oleh para tersangka pemberontak Syiah menewaskan 14 tentara Amerika di Irak. Sedikitnya dua lagi tentara tewas dalam serangan-serangan yang terjadi bulan ini.

Dalam pidatonya di hadapan tentara Amerika di Baghdad, Panetta mengatakan Amerika tidak akan tinggal diam sementara serangan-serangan itu berlangsung, melainkan akan menanggapi ancaman-anacaman itu secara sepihak.

Iran dalam berapa bulan belakangan ini telah meningkatkan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Irak.

XS
SM
MD
LG