Tautan-tautan Akses

Iran Ancam Hambat Arus Minyak di Selat Hormuz


Iran mengancam akan menghambat arus minyak di Selat Hormus apabila dikenakan sanksi atas ambisi nuklirnya (Foto: dok).

Iran mengancam akan menghambat arus minyak di Selat Hormus apabila dikenakan sanksi atas ambisi nuklirnya (Foto: dok).

Iran telah mengancam akan menghambat arus minyak melalui Selat Hormuz kalau negara-negara Barat berusaha untuk mengenakan sanksi terhadap ekspor minyaknya dalam sengketa atas ambisi nuklirnya.

Kantor berita resmi Iran IRNA mengutip Wakil Presiden Mohammad Reza Rahimi mengatakan bahwa kalau Iran dilarang tidak setetes minyakpun berlalu melalui Selat Hormuz. Rahimi dikutip mengatakan Iran tidak menghendaki permusuhan tetapi negara-negara Barat tidak bersedia menghentikan rencana mereka.

Peringatan tegas itu dikeluarkan sementara pasukan angkatan laut Iran terus melakukan latihan 10 hari di Selat itu dan perairan di dekatnya yang mulai Sabtu lalu.

Di Washington, jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Mark Toner menyebut ancaman itu hanya sebagai gertakan. Menurutnya ucapan itu merupakan satu lagi usaha untuk mengalihkan perhatian dari sikap Iran yang tetap tidak mematuhi kewajiban nuklir internasionalnya.

Iran mengemukakan program pengolahan uraniumnya adalah untuk tujuan sipil, tetapi laporan PBB yang dikeluarkan bulan lalu mengatakan Teheran tampaknya sedang berusaha diam-diam merancang senjata atom dan sistem misil pengantar.

XS
SM
MD
LG